Ditulis pada tanggal 11 November 2014, oleh admin, pada kategori Berita

Senin, 27 Oktober 2014 kompetisi iSMEC’S (Industrial Small Medium Enterprise Competitions) resmi dibuka. iSMEC’S merupakan kompetisi antar mahasiswa Teknik Industri se-Indonesia untuk mengeksplorasi bidang keilmuan teknik Industri dan implementasinya pada pengembangan usaha, dengan tema “Upaya Peningkatan Daya Saing Ekonomi Dalam Menghadapi AEC ”, yang di laksanakan pada tanggal 27 Oktober 2014 – 30 Oktober 2014 bertempat di Universitas Brawijaya Malang.

Kompetisi iSMEC’S diikuti oleh 10 tim yang berhasil lolos dari tahap seleksi  yaitu, Efekrumahkaca, Allizwell, Sahmun (ITS), Bluefire (UGM), Merjuah  (USU) , Solutive (Telkom ), ui-1 (UI ), magnolia, ganapati (ITB ), dan Industrious (UB ). Hari pertama iSMEC’s diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Teknik Industri, dilanjutkan dengan Ketua Himpunan Teknik Industri, dan Ketua Pelaksana. Kompetisi dimulai dengan mengadakan Industrial Engineering Quiz / IE-Quiz yang terdiri dari 3 babak yaitu mencongak, benar/salah, dan Soal Berhitung. Kemudian pada tahap selanjutnya, diadakan sebuah tantangan yang dinamakan Lab-based Challenge (LBC), merupakan tantangan tahap kedua pada iSMEC’s 2014 yang akan diikuti oleh 10 tim yang telah lolos dari tahap 1 (Online Selection). Tantangan ini akan menguji kemampuan peserta untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang telah dipersiapkan di 5 laboratorium JTI UB. Yakni : ICL, SISMAN, ERGO, SRK, SIMULASI.

Keesokan harinya, para peserta menuju ke Keramik Dinoyo. Para peserta mendapatkan pembekalan dari Bapak L. Tri Wijaya Nata Kusuma, ST., MT. serta presentasi tentang keramik dinoyo yang akan digunakan sebagai studi kasus di kompetisi tersebut. Disana setiap 2 tim mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai 5 Industri Kecil Menengah / IKM yang terdiri dari 2 (dua) tempat penjualan dan 3 (tiga) tempat produksi untuk mendapatkan permasalahan yang ada pada 5 tempat tersebut. Selanjutnya, masing-masing tim diberikan waktu selama 4 jam untuk membuat presentasi dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Dan pada hari Rabu tanggal 29 Oktober 2014, masing masing tim mempresentasikan hasil yang telah didapatkan kepada para juri. Selain itu juga diadakan sebuah “Sarahsehan” yaitu diskusi tentang IKM dengan Wignusubroto, dilanjutkan dengan acara makan-makan dan diakhiri dengan pengumuman para pemenang.

Hasilnya adalah, Juara ke-1 diraih oleh tim EfekRumahKaca dari ITS, Juara ke-2 diraih oleh tim Industrious dari Universitas Brawijaya, dan Juara ke-3 diraih oleh tim Genopati dari ITB. Para pemenang berhak untuk mendapatkan hadiah berupa Piala dan uang tunai masing-masing 7,5 Juta, 5 Juta, dan 2,5 Juta Rupiah. Selain itu para pemenang juga mendapatkan sovenir. Kompetisi iSMEC’s diakhiri dengan kegiatan city tour ke Eco Green Park pada tanggal 30 Oktober 2014.(rnd)

Source: http://industri.ub.ac.id/ismecs-industrial-small-medium-enterprise-competitions-2014/