ANALISIS IKM

(Indeks Kepuasan Masyarakat)

LABORATORIUM DESAIN DAN PROTOTIPE

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

1.       PENDAHULUAN

1.1     IKM Pelayanan Laboratorium

IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) atas pelayanan laboratorium disusun dalam bentuk kuisioner oleh Tim Penyusun IKM Jurusan Teknik Elektro FTUB. Selanjutnya kuisioner tersebut disampaikan kepada para pengguna laboratorium untuk diisi dan dikembalikan lagi. Di laboratorium Desain dan Prototipe sampai dengan akhir bulan November 2015 ini, jumlah pengguna yang telah mengisi dan mengembalikan kuisioner IKM sebanyak 32 orang mahasiswa.

1.2     Isi Kuisioner IKM

Kuisioner IKM Pelayanan Laboratorium di Jurusan Teknik Elektro terdiri atas 12 (dua belas) butir pertanyaan sebagai berikut:

  1. Kondisi kebersihan laboratorium
  2. Kondisi peralatan laboratorium
  3. Ketersediaan peraturan laboratorium yang mudah dibaca
  4. Penerapan disiplin dan peraturan laboratorium
  5. Penerimaan terhadap pengunjung atau pengguna
  6. Keramahan personil pengurus laboratorium
  7. Kecepatan terhadap pelayanan
  8. Ketepatan terhadap jadwal atau pelayanan
  9. Kemudahan menemui personil pengurus laboratorium
  10. Tingkat atau kualitas pelayanan laboratorium
  11. Kompetensi atau kemampuan personil pengurus laboratorium
  12. Kemudahan akses informasi tentang laboratorium

1.3  Metode Pengolahan Kuisioner

Di dalam kuisioner, penilaian atas setiap pertanyaan atau pernyataan yang disampaikan, diberi bobot dalam bentuk angka berturut-turut: 5 = sangat baik (SB), 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang dan 1 = sangat kurang (SK) Kuisioner yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan cara memilah setiap pendapat pengguna atas setiap pertanyaan yang diberikan untuk mendapatkan jumlah komulatif dari masing-masing pertanyaan. Selanjutnya digambarkan dalam diagram PIE dan dianalisis lebih lanjut untuk dapatnya ditarik suatu kesimpulan yang akan digunakan sebagai salah satu dasar perencanaan dan pengembangan laboratorium di tahun mendatang.

2.       Hasil Dan Pembahasan

2.1     Kondisi kebersihan laboratorium

ikm 1 

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (41%) berpendapat bahwa kondisi kebersihan laboratorium adalah CUKUP. Penilaian ini sesuai dengan kenyataan mengingat bahwa laboratoriun Desain & Prototipe juga difungsikan sebagai tempat penyimpanan hasil karya Mahasiswa. Ini artinya, kami harus segera meningkatkan kebersihan dan sekaligus kerapian laboratorium.

 

2.2     Kondisi peralatan laboratorium

ikm 2

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (44%) berpendapat bahwa kondisi peralatan laboratorium adalah CUKUP. Penilaian ini sesuai dengan kenyataan bahwa laboratoriun Desain & Prototipe berdiri baru 2 (dua) tahun dan saat ini dalam proses melengkapi peralatan yang diperlukan sebagai sebuah laboratorium riset dan pelayanan. Ini artinya, kami harus segera meningkatkan pengadaan peralatan laboratorium dengan tetap memperhatikan alokasi dana proporsional yang tersedia tentunya.  

2.3     Ketersediaan peraturan laboratorium yang mudah dibaca

ikm 3

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (38%) berpendapat bahwa ketersediaan peraturan laboratorium yang mudah dibaca sudah BAIK. Ini artinya, kami harus mempertahankan sekaligus mengembangkan dari yang sudah ada saat ini.  

2.4     Penerapan disiplin dan peraturan laboratorium

 ikm 4

  Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (50%) berpendapat bahwa penerapan disiplin dan peraturan laboratorium adalah CUKUP. Penilaian ini agak kontradiktif dengan pendapat pada butir 2.3 sebelumnya. Kami akan mengkaji lebih lanjut hubungan diantara keduanya, dengan melakukan sampling diantara mereka yang telah menyampaikan pendapatnya tersebut dengan pertnyaan lebih mendalam.  

2.5     Penerimaan terhadap pengunjung atau pengguna

ikm 5

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (47%) berpendapat bahwa penerimaan terhadap pengunjung atau pengguna adalah sudah BAIK. Ini artinya, kami harus mempertahankan sekaligus terus meningkatkannya.  

2.6     Keramahan personil pengurus laboratorium

ikm 6

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (44%) berpendapat bahwa keramahan personil pengurus laboratorium adalah sudah BAIK. Hal ini menunjukkan konsistensi antara moto kami yang salah satunya adalah “RAMAH” dengan perilakuk sehari-hari di Laboratorium Ini artinya, kami harus mempertahankan sekaligus terus meningkatkannya.

2.7     Kecepatan terhadap pelayanan

ikm 7

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (47%) berpendapat bahwa kecepatan terhadap pelayanan adalah CUKUP, sedangkan yang 41% menyatakan BAIK. Ini artinya, kami harus terus meningkatkan kecepatan dalam pelayanan di Laboratorium.  

2.8     Ketepatan terhadap jadwal atau pelayanan

ikm 8

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (50%) berpendapat bahwa ketepatan terhadap jadwal atau pelayanan adalah CUKUP, sedangkan yang 38% menyatakan BAIK. Ini artinya, kami harus terus meningkatkan kedisiplinan terkait dengan jadwal kegiatan dan keakuratan dalam pelayanan di Laboratorium.  

2.9     Kemudahan menemui personil pengurus laboratorium

ikm 9

  Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (38%) berpendapat bahwa kemudahan menemui personil pengurus laboratorium adalah CUKUP, sedangkan yang 34% menyatakan BAIK. Hal ini sesuai dengan kondisi faktual, bahwa tenaga PLP atau laboran di laboratirum Desain & Prototipe juga merangkap tugas di laboratorium lain. Ini artinya, kami akan mengusulkan penambahan jumlah tenaga PLP atau laboran, agar setiap orang meng”handle” satu laboratorium.  

2.10 Tingkat atau kualitas pelayanan laboratorium

ikm 10

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (41%) berpendapat bahwa tingkat atau kualitas pelayanan laboratorium adalah BAIK, Ini artinya, kami harus terus mempertahankan dan sedapat mungkin meningkatkan kualitas pelayanan di Laboratorium.

2.11 Kompetensi atau kemampuan personil pengurus laboratorium

ikm 11

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (38%) berpendapat bahwa kompetensi atau kemampuan personil pengurus laboratorium adalah CUKUP, sedangkan yang 34% menyatakan BAIK. Ini artinya, kami harus terus meningkatkan kemampuan personil laboratorium.  

2.12 Kemudahan akses informasi tentang laboratorium

ikm 12

Dari diagram di atas jelas terlihat bahwa mayoritas pengguna (50%) berpendapat bahwa kemudahan akses informasi tentang laboratirum adalah CUKUP. Hasil ini mengandung dua kemungkinan. Pertama, para mahasiswa yang kurang aktif membuka situsnya jurusan Teknik Elektro, yang salah satu fiturnya adalah informasi tentang laboratorium. Kedua, perlu juga diseminasi informasi melalui media lainnya. Kami akan melakukan telaah lebih lanjut untuk mendapatkan cara yang lebih efektif terkait penyebar luasan akses ini.

3.       PENUTUP

3.1     Kesimpulan

Berdasar rekapitulasi pendapat pengguna laboratorium Desain & Prototipe, dapat disimpulkan bahwa secara umum pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan pelayanan yang telah dilakukan oleh personil pengurus laboratorium sudah cukup baik. Tentunya kondisi secara umum laboratirum Desain & Prototipe masih jauh dari memadai, sehingga masih harus terus melakukan pembenahan dan peningkatan, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunaknya, termasuk juga kemampuan dan kompetensi personilnya

Ketua Laboratorium,

ttd

IR. UNGGUL WIBAWA, M.Sc

NIP. 19630106 198802 1 001